Penggunaan Kursi Sebagai Pendukung dan Perangkat Kerja Contact Center

Kursi Ergonomis

Kenyamanan bekerja berpengaruh pada hasil yang dikerjakan oleh Agent. Untuk memberikan dukungan dalam proses pelayanan tersebut maka Agent Contact Center harus memerhatikan perangkat kerja dan lingkungan kerjanya. Dengan aktivitas dalam ruangan yang cukup tinggi, Agent harus memerhatikan kondisi kenyamanan lingkungan dan ketersediaan perangkat kerja, sehingga dapat memberikan pelayanan dengan baik.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh Agent adalah Penggunaan Kursi, Tingkat Kebisingan, Sirkulasi dan Suhu Udara, Penggunaan Cermin, Penyediaan Air Minum, Penggunaan Headset, Pesawat Telepon, dan Aplikasi Pelayanan.

Salah satu faktor yaitu Penggunaan Kursi pada kerja Agent sangat penting. Pemilihan kursi untuk Agent Contact Center perlu memerhatikan lamanya duduk seorang Agent. Kursi yang bagus bagi Agent adalah kursi yang beroda, sehingga mudah untuk maju dan mundur sesuai dengan kondisi pelayanan. Kursi yang digunakan harus bisa naik turun atau Adjustable yang sesuai dengan ketinggian kaki, biasanya menggunakan hidrolik, sehingga memudahkan untuk naik dan turun sesuai dengan tinggi badan.

Memilih kursi yang baik adalah kursi yang sesuai aturan ergonomis tubuh, agar meminimalisir tingkat kelelahan dan ketegangan otot panggul. Dilengkapi dengan bagian belakang yang fleksibel, berbantal melengkung yang lekuk tubuh dan tulang belakang. Jika kursi tidak dilengkapi dengan bantalan semacam itu, Agent dapat menggunakan bantal kecil untuk membuat nyaman.

Kursi yang digunakan Agent sebaiknya dapat menopang punggung dan tulang belakang menyentuh sandaran, sehingga duduk akan ditopang oleh paha. Dalam posisi duduk, Agent perlu menghindari duduk di pinggiran kursi dan jauh dari sandaran, sehingga duduk akan terpaksa ditopang oleh tulang belakang. Hal ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit, untuk itu kursinya harus bisa ditarik ke depan ataupun ke belakang.

Selain itu kursi yang ideal bagi Agent juga harus menyediakan sandaran untuk kedua lengan saat merasa pegal bekerja. Hal tersebut baik untuk merelaksasi ketegangan otot-otot lengan. Otot lengan tidak bisa diforsir selama berjam-jam tanpa adanya istirahat. Berikan waktu untuk otot lengan beristirahat sejenak dengan menyandarkan di tempat sandaran lengan yang ada.

Sebagai informasi, posisi duduk yang baik adalah posisi siku lutut kaki dengan sudut kemiringan 90 derajat atau lebih. Jika kurang dari sudut tersebut, betis harus menopang berat kaki dan akibatnya lebih cepat capek. Untuk itu karena sebagian besar waktu yang digunakan berada di dalam ruangan dan menggunakan kursi, maka pemilihan kursi pun harus diperhatikan. (WH)

Source :

  1. First Step to Contact Center Services, By Andi Anugrah
  2. www.sewakantorcbd.com/blog/10-tips-memilih-kursi/