Spelling Alphabet, Bekal Bekerja di Contact Center

Bergelut di dunia contact center tentu memiliki peran utama dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Banyak sekali kegiatan dan tantangan kompleks yang harus dijalani. Dimulai dari menerima laporan dan permasalahan pelanggan, proses penyampaian kepada pelanggan yang harus tepat dan jelas, juga penyelesaian masalah yang harus segera ditangani.

Terlebih lagi bagi semua Agent contact center yang berada di garda depan perusahaan. Mereka harus dapat memastikan informasi yang disampaikan kepada pelanggan tersampaikan dengan jelas dan lugas. Agar tidak ada kesalahan informasi dan hambatan dalam memberikan pelayanan.

Sebagai Agent contact center, dalam beraktivitas biasanya hanya menggunakan headset dan tidak langsung bertatap muka dengan pelanggan. Mungkin seringkali menjadi kendala apabila dalam penyebutan nama Agent/pelanggan, nama tempat, email, benda dan barang lainnya kurang jelas konotasinya. Untuk Agent, sangat wajib paham dan menghafal Spelling Alphabet guna mengklarifikasi huruf perhuruf yang tersampaikan agar tidak salah. Terutama jika sedang mengalami gangguan sinyal atau kerusakan headset.

Dalam keadaan yang tidak kondusif seperti saat sedang gugup, tergesa-gesa atau dalam keadaan yang lainnya kadang seorang Agent lupa dalam penyebutan Spelling Alphabet. Misalnya A menjadi Ayam, D menjadi Domba. Memang sebagai orang awam masih terlihat jelas bahwa itu adalah ejaan. Namun ini bukanlah ejaan yang benar.

Berikut merupakan ejaan yang sering digunakan di dalam contact center :

NATO Phonetic Alphabet

Dari tabel yang ada di atas kita dapat mengetahui bahwa Abjad A, Spellingnya bukanlah Ayam dan D bukanlah Domba, namun yang benar adalah Abjad A adalah Alpha dan D adalah Delta. Semoga tabel yang ada dapat membantu teman-teman dalam menghafal pengejaan/ Spelling Alphabet di dunia contact center. (WH)

Source : worldometers.info

Leave a Reply