Time to Develop Your People

Tujuan dari pengembangan sumber daya manusia adalah untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan sikap karyawan hingga mampu lebih efektif dan efisien dalam mencapai sasaran dan tujuan perusahaan. Salah satu tugas dari pimpinan adalah developing people. Selain training ada beberapa cara di dalam mengembangkan karyawan. Metode atau cara lain yang dapat digunakan untuk mendevelop karyawan adalah Coaching, Reading and Sharing, Remote Learning, Under study, Case Study dan Simulasi.

Coaching adalah kegiatan mengajarkan keahlian secara langsung oleh atasan kepada karyawannya. Dengan diskusi mengenai pekerjaan ataupun masalah lain secara langsung. Yang kedua adalah reading dan Sharing. Mintalah karyawan untuk membaca buku dengan tema yang sesuai dengan area development, misalnya bagi karyawan yang memiliki peran pemimpin namun kurang efektif dalam memimpin, biasanya mereka dapat membaca buku yang terkait dengan leadership. Kemudian mintalah karyawan tersebut untuk sharing dalam briefing awal kerja atau saat meeting.

Di dalam sharing ada dua hal pembelajaran yang dapat diambil, yaitu tentang leadership yang efektif dan kemampuan berbicara di depan umum. Tentu saja seorang leader harus mampu berbicara di depan umum. Yang ketiga adalah Remote learning. Metode remote learning dapat digunakan jika karyawan tidak memiliki banyak waktu panjang untuk melakukan perjalanan keluar kantor, metode ini berupa mengikuti perkumpulan studi (perkumpulan teknik mesin), perkumpulan HRD, teleseminars, webinars dan remote events lainnya. Selain dapat menghemat waktu dan biaya karyawan juga berkesempatan bertemu dengan sesame para rekan yang serumpun dalam Pendidikan dan pekerjaan, sehingga update tentang segala ilmu pengetahuan bisa berjalan dengan baik.

Selanjutnya adalah Under Study yaitu praktek langsung bagi seseorang yang dipersiapkan untuk menggantikan jabatan atasannya (on the job untuk pimpinan).  Kemudian ada Case Study yaitu karyawan diberikan studi kasus tertentu dann diminta untuk memecahkan kasus tersebut pada saat rapat maupun briefing dengan tenggat waktu yang sesuai. Dan yang terakhir adalah simulasi yaitu metode latihan dengan membuat situasi atau kejadian yang ditampilkan semirip mungkin dengan situasi riil tetapi hanya tiruan saja.

Yang perlu diperhatikan adalah seluruh metode harus dilakukan secara berkala dan harus dimonitoring supaya mengetahui perkembangan karyawan serta apakah metode yang digunakan dan dijalani sudah cukup sesuai dengan tujuan yang akan diraih. (WH)

Leave a Reply