Training Online Sebagai Wadah Pengembangan Karyawan

Setiap momen yang terjadi pasti selalu ada hikmah yang dapat dipetik, seperti kejadian yang sedang dunia alami sekarang yaitu mewabahnya virus Corona atau Covid-19. Seperti yang telah diketahui semua produktivitas dan kegiatan perkantoran kini berubah, yang tadinya Work From Office, kini menjadi Work From Home. Untuk menyikapi ini semua tentu tidaklah mudah. Pergeseran kebiasaan, jam kerja, dan segala aktivitas lainnya yang biasa dilakukan kini juga telah berganti untuk beberapa waktu kedepan.

Dalam keadaan seperti ini, jangan biarkan semangat menurun dan melemah. Walau melakukan pekerjaan dari rumah, kita juga berhak untuk mendapatkan berbagai materi pengembangan diri. Lantas dengan berduduk saja di rumah apakah kita dapat melakukan pengembangan diri? Jawabannya adalah, tentu bisa. Perkembangan zaman yang membawa kita pada perubahan yang begitu pesat ini memiliki dampak positif, diantaranya adalah perkembangan teknologinya. Semua orang dapat bekerja dari rumah karena perkembangan teknologi yang semakin sempurna. Mereka dapat melakukan video atau call conferences kapan saja dan di mana saja.

Untuk sementara waktu, bekerja dari rumah atau Work From Home ini harus dijalani. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mendapatkan pengembangan diri dari rumah seperti mengikuti training online. Kini kita dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk memperdalam kemampuan kita dengan mengikuti training online. Banyak metode yang digunakan dalam training online ini seperti kelas training via chatting room juga via video conferences.

Materi yang dibagikan kepada para peserta juga berupa e-book yang dapat didownload oleh mereka. Pembahasan materi akan ditetapkan pada jam yang sama. Seluruh peserta yang telah terdaftar harus standby di laptop atau hp nya masing-masing untuk menyimak pembahasan yang diberikan oleh trainer. Pembahasan soal yang bergantian juga membuat peserta ikut aktif memberikan feedback. Biasanya training online seperti ini tidak berlangsung lama. Namun hasilnya lumayan efektif untuk mengisi kegiatan Work From Home ini. Jadi, dengan melakukan Work From Home kita juga dapat mengikuti berbagai training online yang dapat meningkatkan kemampuan kita.

Kekurangan training online yang sedang marak ini adalah apabila jaringan yang dimiliki terganggu, maka pembelajaran jarak jauhpun ikut terganggu. Untuk mengantisipasinya adalah dengan menyiapkan jaringan internet yang stabil sebelum mengikuti training online. Dengan begitu maka tidak akan ada gangguan yang berarti dan kita tetap mendapatkan pelatihan untuk pengembangan diri kita selama melakukan Work From Home. (WH)

Leave a Reply