Video Presentasi

Menonton beberapa video presentasi yang sudah dikirimkan ke sekretariat panitia, ada kesan menarik tersendiri. Beberapa peserta yang sudah mengirimkan tampak mengemas dengan baik materi presentasinya dalam video dengan resolusi yang mirip dengan drama korea. Mereka juga menyampaikan berbagai ide menarik, tentunya disampaikan dalam kemasan video yang menarik untuk ditonton. Saya yakin juri-juri yang akan menjadi tim penilai lomba individual akan terpesona dengan materi presentasi mereka. Yah, kita tunggu saja.

Jika selama ini menonton rekaman video presentasi peserta terkesan membosankan. Dari video yang sudah terkumpul, saya yakin kebosanan itu tidak terjadi lagi, sebagai panitia kami bisa memahami dengan jelas materi yang disampaikan. Dengan kualitas gambar dan suara yang jauh lebih baik, tentunya video presentasi peserta kali ini, sangat layak untuk ditonton. Sebagai praktisi contact center, bisa berbangga dengan kreativitas yang mereka sampaikan. Menang atau kalah, mereka sudah menunjukkan mereka layak untuk diberikan apresiasi.

Sebagaimana ditentukan bahwa tahun 2020 ini, semua lomba The Best Contact Center Indonesia dilaksanakan secara virtual. Peserta diminta untuk membuat video presentasi dengan format yang sudah ditentukan panitia. Begitu juga urutan materi presentasi sudah ada template yang harus digunakan. Dengan sosialisasi yang dilakukan secara berkala, tampaknya peserta memahami dengan baik format yang ditentukan. Mereka disiplin dengan waktu, disiplin dalam pengambilan gambar dan penggunaan template. Tentunya ini adalah sebagian dari budaya disiplin yang tertanam bagi insan contact center. Solut … !

Dengan jadwal yang padat, tentunya tantangan bagi setiap peserta untuk menyiapkan video presentasi. Belum lagi menyiapkan materi presentasi dengan berbagai kreativitas yang menarik. Setelah itu harus tampil di depan kamera dan menjelaskan satu per satu halaman materi presentasi. Pada akhirnya harus melakukan editing video, sehingga menarik untuk ditonton. Semua proses ini tidak mudah dilakukan sendiri, membutuhkan kerjasama yang baik dengan tim. Hasil video presentasi yang bagus menunjukkan peserta mendapatkan dukungan dari perusahaan untuk menyiapkan materi dengan baik.

Melaksanakan lomba pada masa pandemik seperti ini, peserta dituntut untuk tetap kreatif. Ternyata ide memberikan kesempatan presentasi melalui video justru membuat mereka lebih kreatif. Mungkin format seperti ini bagus dipertahankan untuk tahun selanjutnya. Yang justru menjadi tantangan bagi panitia untuk membuka akses terhadap video tersebut. Bagi dewan juri juga akan menghadapi tantangan untuk menilai yang terbaik diantara semua yang terbaik.

Sampai hari ini, sudah ada beberapa peserta yang mengumpulkan video presentasi. Kesempatan untuk mengecek video presentasi tersebut memungkinkan panitia untuk memberikan notifikasi, jika ada video yang salah edit. Namun rasanya hari Jumat, 2 Oktober 2020, sebagai waktu terakhir mengumpulkan video, kami tidak akan sempat lagi memberikan notifikasi. Berharap bahwa 255 peserta yang akan berlomba menyelesaikan semua materi dan mengirimkan videonya ke panitia.

Video presentasi peserta sudah mulai dibuka H-1 dari jadwal lomba, akan ada 90 dewan juri votelock dari berbagai perusahaan yang terlibat memberikan penilaian. Selama 7 hari lomba akan dilaksanakan pada 5 – 14 Oktober 2020, dengan menggunakan 3 ruangan lomba. Masing-masing peserta akan mendapatkan kesempatan tanya jawab atas materi presentasi mereka. Semua ini akan dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan video conference.

Bagi dewan juri yang sudah terdaftar, gunakan kesempatan anda sebaik-baiknya untuk menonton videonya. Berikan penilaian terbaik anda, bersikap netral dalam menilai dan jadikan kesempatan ini untuk mendukung pengembangan talenta-talenta contact center. Suatu saat mereka akan menjadi pemimpin-pemimpin operasional contact center yang kreatif dan pantang menyerah. Yang jelas saya salut dengan kemampuan mereka, dan bagi peserta bisa berbangga menjadi bagian dari lomba ini. Suatu saat video presentasi anda, menjadi sebuah kenangan manis dan bisa digunakan untuk media sharing internal perusahaan anda.

Bagi yang belum diberikan kesempatan bertanding tahun ini, merupakan kesempatan untuk anda melihat lebih dekat proses kreatif dari semua peserta. Proses kreatif yang tidak mudah pada saat banyak keterbatasan yang harus kita hadapi. Yakinlah pada saatnya anda juga akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk menunjukkan prestasi. Mudah-mudahan pada kesempatan selanjutnya, kita akan menyaksikan video presentasi anda dengan kemasan yang lebih baik lagi. Saatnya belajar dulu dari yang lain, nanti giliran anda.

Walaupun lomba ini terbuka hanya bagi anggota ICCA. Kami yakin perusahaan yang mengirimkan juri dan mengalokasikan waktu tidak akan kecewa dengan sajian peserta lomba. Bagi perusahaan yang mau belajar mengenai contact center, anda akan mendapatkan banyak ide menarik dari lomba ini. Tontonlah video presentasi peserta, catat hal-hal menarik dari presentasi mereka, dan bisa diterapkan pada operasional anda. Namun jangan lupa memberikan apresiasi kepada mereka yang memberikan ide dan contoh kasusnya. Proses benchmarking contact center sesama praktisi akan berhasil dengan metode ini. Berharap semua itu akan memberikan kontribusi bagi pengembangan contact center di Indonesia, perbaikan pelayanan publik dan pelayanan pelanggan.

Berharap bahwa suatu saat, setelah lomba usai, semua peserta memberikan izin untuk mempublikasi video mereka pada kanal-kanal yang tersedia. Menjadi sharing yang bermanfaat bagi orang banyak, menjadi kebanggaan bahwa anda pernah melakukannya. Kita nantikan saja video presentasi mereka dan pastikan kita semua memberikan apresiasi. Bagaimanapun jika bukan sesama kita yang menghargai prestasi mereka, siapa lagi ?

Semangat pagi, semoga berkenan adanya. (AA)