Telexindo-logo

Contact Center Dashboard✨

hero
Annisa N Fauzi
·
25/07/2022

Kemampuan untuk melakukan analisa saat ini sangat diperlukan. Sering kali kita terhambat dalam melakukan analisa karena masih banyak proses manual yang dilakukan dalam membuat reporting dan monitoring voice of customer. Pada beberapa layanan mungkin masih mengalami kondisi dimana data-data yang dimiliki belum terintegrasi. Sehingga pada saat pelaporan, ada banyak tahap pengerjaan yang harus dilakukan. Akibatnya untuk membuat satu laporan dibutuhkan waktu yang cenderung lama.

Misalnya pada salah satu kondisi, jika terdapat suatu layanan contact center yang memiliki banyak kanal media penghubung, maka data customer voice yang dihasilkan dari masing-masing kanal media tersebut bisa jadi punya format yang berbeda. Kemudian seseorang yang membuat laporan harus berulang kali memproses variasi tipe data menjadi satu kesatuan laporan yang saling berhubungan. Data yang tidak terintegrasi dengan baik tentunya akan mengakibatkan proses pembuatan laporan menjadi lebih lama. Hal ini mengakibatkan analisa kondisi layanan menjadi terhambat.

Biasanya, agar mempermudah proses analisa maka dibutuhkan laporan yang dapat ditampilkan secara real time dalam bentuk dashboard. Dalam operasional contact center, interactive dashboard dapat membantu mempercepat dan mempermudah melakukan analisa. Proses reporting yang biasanya membutuhkan banyak waktu akan menjadi lebih singkat melalui interactive dashboard yang dapat menunjukan kondisi operasional layanan contact center diwaktu yang sama.

Ada banyak perusahaan menawarkan aplikasi pembentuk dashboard yang terintegrasi dengan data operasional layanan contact center. Dashboard layanan akan dihubungkan dengan CRM sehingga data interaksi yang terekam dapat langsung ditampilkan laporannya. Dari sinilah analisa dapat diproses dengan lebih cepat melalui pertimbangan yang tepat dan akurat.

Pada sebagian layanan contact center, proses pembuatan laporan masih dilakukan secara manual. Ada beberapa opsi yang dapat digunakan agar tetap bisa menampilkan laporan secara real time. Caranya dengan membuat dashboard sendiri menggunakan tools visualisasi data, seperti Microsoft Power BI. Selain lebih efisien, pembuatan dashboard menggunakan Power BI dapat di- customize sesuai dengan kebutuhan yang mungkin saja dapat berubah setiap waktu.

Bagi Anda yang penasaran dengan pembuatan interactive contact center dashboard menggunakan Microsoft Power BI, Anda bisa juga mempelajarinya melalui training “Contact Center Data Analytics with Power BI.” Melalui training ini, Anda akan mendapatkan tutorial pembuatan dashboard step by step mulai dari pengenalan perangkat/DAX basic hingga bagaimana cara mengkustomisasikannya.

Silakan kunjungi: /https://telexindo.com/contact-center-data-analytics-with-power-bi/

Mari rencanakan pengembangan kompetensi tim anda melalui training public kami, maupun dalam format in-house training. Semoga bermanfaat, semangat melayani🙏(JUN)

%d bloggers like this: