Memotivasi Karyawan dengan Permainan

Adakalanya karyawan jenuh dengan segala aktivitas dan rutinitasnya selama bekerja. Salah satu tugas perusahaan adalah menjaga dan memotivasi karyawan agar tetap terjaga. Beberapa caranya adalah dengan menjadi pendengar yang baik bagi para karyawan, mengarahkan karier yang baik, Menerapkan program reward bagi karyawan dan Menciptakan atmosfer kerja yang menyenangkan.

Pembahasan menarik tentang menciptakan atmosfer kerja yang menyenangkan. Kadang penyebab motivasi karyawan turun adalah justru karena atmosfer kerja yang tidak nyaman. Misalnya ruang kerja yang membatasi ruang gerak karyawan atau bahkan rekan kerja yang kurang kooperatif sehingga menciptakan atmosfer yang kurang nyaman dan menyenangkan. Jika hal ini terjadi maka Leader harus segera melakukan perubahan.

Ini adalah suatu tantangan yang harus dihadapi oleh seorang Leader. Leader harus menciptakan suatu program dan kreativitas untuk diterapkan dan menggugah semangat kerja karyawan untuk terus termotivasi. Salah satu ide yang bisa diterapkan adalah Leader bisa menggunakan suatu permainan untuk memicu motivasi karyawan. Karyawan akan terpicu dengan hadiah atau reward yang akan mereka dapatkan setelah menyelesaikan permainan tersebut.

Permainan yang diciptakan harus berupaya membangkitkan semangat, contohnya adalah kuis atau pertanyaan ringan yang diberikan kepada karyawan di setiap minggunya. Pertanyaan bisa berupa topik-topik yang sedang hangat dibicarakan di dunia luar ataupun bahasan mengenai istilah-istilah dalam pekerjaan sehari-hari.

Permainan lainnya yang patut dicoba adalah permainan Tebak Kata. Permainan dalam ruangan ini juga dapat membawa karyawan semakin termotivasi. Pasalnya, permainan ini dapat membuat karyawan bertingkah lucu sehingga dapat mencairkan suasana. Jika perlu, berikan tebak kata yang sedikit unik agar karyawan bisa lebih kreatif dalam memikirkan Gerakan mereka saat ditunjukkan ke teman yang menebak katanya.

Pilihan lainnya adalah mengaplikasikan permainan ke dalam pekerjaan. Terinspirasi dari salah satu pemenang lomba kategori Individual The Best Contact Center Indonesia 2019, Andi Rusandi dari Bank Central Asia. Dirinya mengaplikasikan permainan Ludo Race Achievement ke dalam pekerjaan timnya. Dengan membagikan timnya ke empat kelompok yang diwakili dengan warna di setiap timnya yang terdiri dari warna merah, biru, hijau, dan kuning. Permainan ini memiliki ketentuan seperti tim dapat maju 2 langkah dengan syarat telah menyelesaikan tugasnya di hari yang sama. Kemudian tim dapat maju 3 langkah apabila mendapat pujian dari nasabah. Ketentuan terakhir adalalah tim akan kembali ke langkah awal apabila mendapatkan temuan. Siapa yang memenangkan permainan ini maka akan mendapatkan achievement yang hasilnya akan dipajang di Ludo’s Wallboard .

Dengan beberapa permainan tersebut, tujuan untuk memotivasi karyawan dalam kinerjanya untuk memberikan pelayanan terbaik kiranya dapat diaplikasikan dengan segera. Membangun motivasi dengan cara yang asik akan menambah kegigihan karyawan dalam bekerja. Tentunya beberapa permainan yang tidak dapat diaplikasikan dalam pekerjaan, perlu dilakukan dengan waktu-waktu tertentu yang tidak menurunkan produktivitas atau membuat karyawan lupa waktu. (WH)

Leave a Reply