Telexindo-logo
Product-icon

From Customer Data to Insight: CRM Applications and Analytics Dashboard Training

2024

Pelatihan ini dirancang untuk membantu peserta memahami bagaimana memanfaatkan data pelanggan secara efektif menggunakan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) dan dashboard analitik. Dalam sesi ini, peserta akan mempelajari cara mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data pelanggan melalui berbagai aplikasi CRM. Selain itu, pelatihan ini juga akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membuat dashboard analitik yang dapat memberikan insight mendalam terkait perilaku pelanggan, tren pasar, dan kinerja bisnis. Dengan memiliki keterampilan ini, peserta dapat mengoptimalkan strategi pemasaran, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan mengambil keputusan yang lebih berbasis data demi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

OBJEKTIF

  1. Peserta memahami konsep dasar CRM dan pentingnya CRM dalam mendukung operasional pekerjaan.
  2. Peserta mampu merancang arsitektur dan desain aplikasi CRM.
  3. Peserta mengenal teknologi dan alat yang relevan untuk membangun aplikasi CRM.
  4. Peserta mampu mengembangkan antarmuka pengguna yang fungsional dan user-friendly untuk aplikasi CRM.
  5. Peserta mampu mengintegrasikan aplikasi CRM dengan layanan eksternal untuk meningkatkan fungsionalitas.
  6. Peserta mampu membuat dashboard yang menampilkan data secara visual dan interaktif, sehingga mudah dipahami oleh pengguna.
  7. Peserta mampu menghubungkan berbagai sumber data, seperti Google Sheets, Google Analytics, dan database lainnya.
  8. Peserta mampu menyesuaikan grafik dan tabel sesuai dengan kebutuhan spesifik dan preferensi pengguna.
  9. Peserta mampu memahami cara menggunakan fungsi dan formula untuk analisis data yang lebih mendalam.
  10. Peserta mampu mempelajari cara berbagi dashboard dan laporan dengan tim untuk berkolaborasi.

MATERI BELAJAR

Materi 1 : Basic Concepts of CRM & Form Online
Materi ini membahas definisi dan konsep dasar CRM, pentingnya CRM dalam proses bisnis, manfaat penggunaan CRM, jenis-jenis CRM, pengelolaan hubungan pelanggan, cara pengumpulan data pelanggan, dan basic elemen pada form.

Materi 2 : Implementations Steps
Materi ini membahas dan membuat cara identifikasi kebutuhan, pembuatan desain konseptual, pemilihan teknologi, pengembangan basis data, integrasi dengan sistem existing, pengujian dan deployment.

Materi 3 : Customer Data Management
Materi ini merancang dan membuat model database misal: Kontak Pelanggan, Aktivitas, Pipeline, Interaksi. Melakukan normalisasi database hingga pengecekan duplikasi data.

Materi 4 : Managing Ticket Database
Materi ini membahas dan membuat mengenai normalisasi data, pengumpulan data, pengolahan status dan prioritas tiket.

Materi 5 : Designing a Ticket Form
Materi ini membahas dan membuat mengenai merancang desain antarmuka pengguna (UI) untuk sistem tiket dan penggunaan field formulir tiket.

Materi 6 : Basic Concepts of Looker Studio
Materi ini membahas dan membuat bagaimana penggunaan Looker Studio meliputi sumber data (Excel, Google Sheets, MySQL, Google Analytics), importing data dari source tertentu dan menghubungkan Looker Studio dengan sumber data.

Materi 7 : Designing a Dashboard Analytic
Materi ini membahas dan membuat perancangan dashboard dari elemen diagram Looker Studio menggunakan formula, diagram, gambar, filter serta menghitung dan menampilkan metrik kinerja (KPI).

Materi 8 : Ticket Form Configuration
Materi ini membahas dan mengkonfigurasi antara aplikasi form tiket dengan Looker Studio dan membuat conditional logic database.

Materi 9 : Integration & Testing
Materi ini membahas dan melakukan integrasi aplikasi form tiket yang sudah dibuat ke Looker Studio dan melakukan uji coba secara bertahap.

Catatan: Peserta akan difasilitasi WhatsApp Group untuk koordinasi kegiatan. Peserta diwajibkan memiliki Notebook yang dilengkapi Google Slides, Google Sheets serta dapat terkoneksi dengan jaringan internet.

TRAINER

AULIA YUSUF FACHREZY merupakan tenaga ahli yang berfokus pada pengembangan aplikasi CRM, Learning Management System, Human Resources dan ERP. Merupakan tenaga terlatih dan praktisi berpengalaman, khususnya Perencanaan & Pengembangan Teknologi di bidang kepegawaian dan bidang pembelajaran melalui web based ataupun mobile apps.

Saat ini dipercaya sebagai Asisten Manager bagian Application Development Specialist di PT Telexindo Bizmart hingga saat ini. Aktif sebagai narasumber dalam acara teknologi sharing, serta dipercaya sebagai untuk mendukung pengembangan aplikasi pada event The Best Contact Center Indonesia dan Contact Center Associations of Asia Pacific.

TARGET PESERTA

  • Desk Control
  • Work Force Management (WFM)
  • Real Time Force Management (RTFM)
  • Supervisor Contact Center
  • Manager Contact Center
  • IT Support

WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN

  • Dilaksanakan secara tatap muka (off-line) di salah satu hotel di Jakarta.
  • 13 – 14 November 2024
  • Pukul 08.30 – 17.00 WIB

BIAYA PELATIHAN

  • Biaya pelatihan sebesar Rp. 5.500.000,- per Peserta.
  • Khusus anggota ICCA sebesar Rp. 5.000.000,- per Peserta.
  • Biaya belum termasuk PPN 11%.
  • FREE Peserta untuk member ICCA (Sesuai ketersediaan Benefit Training ICCA).
  • Biaya Termasuk: hardcopy materi pelatihan, biaya ujian sertifikasi (termasuk 1 kali pengulangan), hardcopy buku Contact Center, 2x Coffee Break dan 1x Lunch per hari.
  • Biaya tidak termasuk: transportasi, perangkat komputer dan jaringan internet.

SYARAT & KETENTUAN

  • Kelas akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal pelatihan yang tertera.
  • Penutupan pendaftaran 1 minggu sebelum kegiatan.
  • Pembatalan dalam waktu 7 hari dari tanggal mulai pelatihan tidak berhak untuk mendapatkan pengembalian biaya pendaftaran dan proses invoice tetap dilakukan.
  • Jika Telexindo Bizmart harus membatalkan pelatihan untuk alasan apapun, Telexindo Bizmart akan bertanggung jawab untuk mengembalikan pembayaran sesuai dengan biaya pendaftaran yang diterima.

Untuk Informasi lebih lanjut dan konfirmasi kepesertaan silahkan menghubungi : 0811-1595-599 atau sales@telexindo.com

Telexindo Bizmart reserves the right to make changes to the course fee and application closing dates without prior notice. The commencement of each course is subject to sufficient number of participants.

All information is accurate at time of publishing.
Last updated on 15 October 2024.